More
    Rabu 7 Desember 2022

    25 November, Sejarah dan Tujuan Hari Guru Nasional

    Must Read

    RBG.id – Hari Guru Nasional diperingati setiap  25 November, pada tahun ini Hari Guru Nasional mengusung tema “Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar.”

    Diketahui Hari Guru Nasional diperingati berkaitan dengan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

    Hari Guru Nasional diperingati dengan bertujuan untuk menghormati peran dan jasa guru di Indonesia. 

    Dilansir dari situs PGRI, sebelumnya pada masa kolonial Belanda tahun 1912 para guru membentuk organisasi guru pribumi bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

    PGHB merupakan organisasi yang bersifat unitaristik dengan anggota yang terdiri dari guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan pemilik sekolah.

    BACA JUGA : Pendaftar PPPK Depok: 470 Nakes, 749 Guru Lulus Administrasi

    Tidak sedikit dari mereka yang mendapatkan tugas di Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat Angka Dua dengan latar belakang pendidikan yang beragam.

    Selama bertugas di sekolah menggunakan bahasa daerah dan bahasa Melayu, tujuannya sebagai bahasa pengantar. 

    Namun PGHB memiliki kesulitan untuk memperjuangkan anggotanya mulai dari terdapatnya perbedaan status, pangkat, dan latar belakang pendidikan. 

    Sebelumnya di zaman tersebut tidak hanya PGHB, ada berbagai organisasi guru lain. Seperti Persatuan Guru Bantu (PGB), Perserikatan Guru Desa (PGD), Persatuan Guru Ambachtsschool (PGAS), Perserikatan Normaalschool (PNS) dan Hogere Kweekschool Bond (HKSB). 

    Saat itu Belanda sedang menjajah, perjuangan para pahlawan tanpa tanda jasa memuncak menjadi perjuangan nasional memiliki tujuan yaitu merdeka.

    Fitriah Zahwa Nissa

    Terbaru