More
    Rabu 7 Desember 2022

    Tiga Pemain Persikabo Masuk Timnas, Djanur Mengaku Senang

    Must Read

    RBG.ID-JAKARTA, Jelang AFF Cup 2022, pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (STY) memanggil 28 pemain untuk menjalani pemusatan latihan di Bali. Persija Jakarta, Persib Bandung, Persikabo 1973, dan PSM Makassar menjadi tim yang paling banyak menyumbangkan pemain.

    Empat tim tersebut sama-sama menyumbangkan tiga pemain. Dari Persija, tiga nama yang dipanggil adalah Muhammad Ferarri (center back), Hansamu Yama Pranata (center back), dan Syahrian Abimanyu (gelandang).

    Lalu, dari Persib, ada trio gelandang Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto. Pemain-pemain yang dipanggil dari Persikabo lebih variatif. Yakni, Syahrul Trisna (penjaga gawang), Andy Setyo (center back), dan Dimas Drajad (striker).

    Baca Juga: Jelang Liga 1 Kembali Bergulir, Persikabo 1973 Kembali Berlatih

    Lalu, dari PSM, tiga pemain yang dipanggil STY adalah Yakob Sayuri (winger), Dzaky Asraf (winger), dan Ramadhan Sananta (striker).

    Presiden Persija Mohamad Prapanca menilai, pemanggilan tiga pemain ke timnas memengaruhi kekuatan klub. Sebab, Ferarri, Hansamu, dan Abimanyu adalah pilar penting Macan Kemayoran –julukan Persija.

    ”Tapi, saya yakin pelatih utama (Thomas Doll, Red) akan memberikan yang terbaik untuk kekuatan Persija,” ujar Prapanca kepada Jawa Pos melalui pesan singkat kemarin.

    Pelatih Persikabo 1973, Djadjang Nurdjaman merasa senang tiga pemainnya dipanggil timnas. Menurut pelatih yang sukses mengantarkan Persib menjuarai Liga Super Indonesia 2014 itu, Andy, Dimas, dan Syahrul sangat layak membela negara di ajang AFF Cup 2022.

    Tapi, di balik kegembiraan itu, pelatih yang akrab disapa Djanur tersebut merasa dilematis. Sebab, Syahrul, Andy, dan Dimas punya andil besar dalam perjalanan Laskar Padjadjaran –julukan Persikabo– menembus papan tengah Liga 1 musim ini.

    ”Saya senang tiga pemain saya dipanggil timnas. Tapi, di sisi lain, saya kehilangan tiga pemain inti dalam lanjutan kompetisi. Pasti akan sangat berpengaruh terhadap keseimbangan tim Persikabo,” ungkap mantan pelatih Barito Putera itu kepada Jawa Pos melalui pesan singkat.

    Keresahan Djanur sangat beralasan. Sebab, Liga 1 akan tetap bergulir saat perhelatan AFF Cup 2022. Sebenarnya, sejak awal musim, PT Liga Indonesia Baru dan PSSI sudah membuat perencanaan untuk meliburkan kompetisi saat AFF Cup 2022 berlangsung. Namun, rencana tersebut harus berubah di tengah jalan.

    Tepatnya setelah ada tragedi Kanjuruhan. Kejadian memilukan itu membuat Liga 1 berhenti sejak 1 Oktober sampai sekarang.

    Menurut Djanur, idealnya, Liga 1 break saat AFF Cup 2022 digelar.

    ”Kalau hanya satu atau dua pemain, sebenarnya (kompetisi tidak masalah) lanjut saja. Tapi (kalau sampai tiga pemain yang dipanggil), sekarang serbasulit. Bagi Persikabo, idealnya nggak main dulu (saat AFF Cup 2022 bergulir),” terang Djanur.

    Mantan pelatih Persebaya Surabaya itu berharap ada jalan terbaik saat klub membutuhkan pemainnya yang dipanggil timnas. Sebab, tidak mudah mengarungi kompetisi tanpa keseimbangan tim yang solid.

    ”Kalau mungkin bisa begitu (kembali sementara ke klub jika dibutuhkan) tentu bagus. Tapi, sekarang ini saya akan coba memaksimalkan skuad yang ada,” pungkas mantan pelatih PSMS Medan tersebut.

    Sementara itu, pelatih Persib Luis Milla menyatakan, pemanggilan tiga pemainnya ke timnas merupakan sebuah kebanggaan. Walaupun, harus diakui, pemusatan latihan yang dilakukan oleh Shin Tae-yong di Bali terlalu lama.

    ’’Menurut saya terlalu lama untuk mempersiapkan diri dalam sebuah turnamen yang tidak resmi seperti Piala AFF. Tapi, sekali lagi itu bukan keputusan saya,’’ ujarnya.

    Tapi, pelatih asal Spanyol itu bisa memaklumi. Dia melihat pemusatan latihan yang lama itu merupakan buntut dari tidak adanya kompetisi di Indonesia saat ini. Sedang ditunda.

    Milla menambahkan, fokusnya saat ini adalah kepada Persib. Hilangnya tiga pemain ke timnas tidak terlalu dipikirkannya. Maung Bandung masih punya banyak stok pemain berkelas sebagai pengganti.

    Justru, Milla akan memanfaatkan momen hilangnya tiga pemain kunci sebagai kesempatan bagi mereka yang jadi cadangan selama ini. Agar unjuk gigi bahwa mereka juga layak jadi andalan di Persib.

    ’’Jupe (Achmad Jufriyanto), Aziz, Dedi, dan Frets, mereka sudah berlatih dengan bagus. Bagi saya itu lebih penting bagi Persib saat ini,’’ tegasnya.(jpc)

    Terbaru