More
    Rabu 7 Desember 2022

    Wales Kontra Iran: Redam Motivasi Team Melli

    Must Read

    RBG.ID – Matchday pertama berakhir dengan dua kejutan besar dan semua dilakukan tim Asia.

    Yakni, ketika Arab Saudi mengalahkan Argentina (22/11) dan Jepang yang membungkam Jerman.

    Skornya sama-sama 2-1.

    Dua kemenangan fenomenal itu bisa jadi motivasi Iran ketika melawan Wales pada matchday kedua sore ini (siaran langsung SCTV/Vidio/mOji pukul 17.00 WIB).

    BACA JUGA : Inggris Kalahkan Iran: Senangnya Punya Banyak Opsi Lini Serang

    Padahal, hasil yang diterima Iran pada matchday pertama bisa dibilang cukup memalukan.

    Mereka dihajar Inggris 2-6 (21/11). Sedangkan Wales hanya sanggup bermain seri 1-1 melawan AS (22/11).

    Apalagi, jika kalah, maka peluang Team Melli—julukan Iran—untuk lolos dari fase grup otomatis musnah. Itu bakal memperpanjang penantian mereka yang dalam lima partisipasi sebelumnya juga gagal melangkah ke fase knockout.

    ’’Kami sudah banyak belajar setelah kalah dari Inggris. Itu yang membuat persiapan kami lebih baik jelang melawan Wales,’’ papar pelatih Iran, Carlos Queiroz.

    Wales setali tiga uang. Gareth Bale dkk juga yakin bisa mendapat hasil yang lebih baik daripada saat menghadapi Amerika Serikat.

    Mereka harus menang agar ketika menghadapi Inggris pada matchday ketiga tidak terlalu berkeringat.

    Apalagi, Inggris juga diyakini bisa mengalahkan AS dini hari nanti yang berpotensi membuat mereka memastikan satu tiket ke fase knockout.

    Wales juga belum pernah gagal melaju ke fase knockout. Pada edisi 1958 yang merupakan satu-satunya partisipasi Wales sebelum di Qatar kali ini, mereka sukses melenggang hingga perempat final. Siklus tersebut mirip seperti yang mereka alami pada Euro 2016.

    Kala itu, Wales bahkan menjalani debutnya tampil di ajang antarnegara benua biru tersebut. Hasilnya? Wales sukses melaju hingga semifinal.

    Keyakinan Wales bertambah seiring pulihnya kondisi Joe Allen. Gelandang 32 tahun itu kemarin sudah mengikuti agenda latihan tim secara penuh.

    Allen yang juga bagian dari skuad Wales pada Euro 2016 itu sudah melewatkan matchday pertama melawan AS.

    Mantan gelandang Liverpool FC itu baru pulih dari cedera hamstring yang didapatnya sejak September lalu.

    Tetapi, tactician Wales Rob Page tetap menyertakannya ke skuad yang diberangkatkan ke Qatar, karena dia yakin Allen bakal segera pulih.

    ’’Inggris adalah favorit kemudian disusul AS. Meski begitu, akan ada beberapa kejutan (di grup B, Red). Kami akan menjlani pertandingan yang sulit pada hari Jumat (sore ini melawan Iran, Red)’’ ujar Page. (io/bas)

    Terbaru