More
    Rabu 7 Desember 2022

    Aksi Bersih Sampah di Stadion, Suporter Jepang Kembali Tuai Pujian

    Must Read

    RBG.ID-Tradisi bersih-bersih sampa yang dilakukan para suporter Jepang kembali berlanjut di Piala Dunia 2022 Qatar. Hal itu mereka lakukan ketika usai laga Jepang versus Jerman.

    Kesuksesan tim kesayangannya mengalahkan Jerman 2-1 dalam Piala Dunia 2022 itu tidak membuat para pendukung Jepang lupa diri. Para penggemar dan para pemain Samurai Blue kembali menjadi sorotan dunia.

    Itu terjadi setelah mereka tertangkap kamera menerapkan tradisi yang menjadi ciri khasnya, yakni beberes dan bersih-bersih di tribun maupun di ruang ganti pemain.

    Baca Juga: Pelatih Jerman Kecewa Berat Usai Dipermalukan Jepang

    Rekaman para penggemar tengah membersihkan sampah di tribun Khalifa International Stadium viral di media sosial bersama foto-foto dari ruang ganti timnas Jepang ketika para pemainnya juga meninggalkan stadion dalam kondisi bersih dan rapi.

    FIFA dalam unggahan di media sosialnya bahkan terkesan melihat lantai ruang ganti yang telah disapu bersih, rompi dan handuk yang dilipat dalam tumpukan yang rapi.

    Unggahan itu disertai dengan deretan origami angsa yang disimpan di samping catatan ucapan terima kasih kepada penyelenggara. Bagi orang Jepang, tradisi bersih-bersih itu bisa dibilang hal lumrah dilakukan.

    Di Piala Dunia 2018 dan Piala Asia 2019, foto-foto ruang ganti disertai dengan ucapan terima kasih juga sempat menjadi sorotan. Aksi para suporter Jepang ini membuat banyak orang terkesan dengan budaya unik tim tersebut.(jpc)

    Terbaru