More
    Selasa 6 Desember 2022

    Kim Jong-un Tampil Bersama Putrinya Awasi Peluncuran Rudal

    Must Read

    RBG.ID – Kim Jong-un menunjukkan penerusnya. Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) tersebut untuk pertama kalinya hadir di hadapan publik bersama putrinya, Kim Chu-ae.

    Selama ini media Korut tidak pernah menyebutkan anak-anak Jong-un. Rezim Korut pun tak pernah mengkonfirmasi bahwa Jong-un memiliki penerus.

    ’’Kim Jong-un bersama putri dan istrinya tercinta tengah mengawasi peluncuran rudal balistik antarbenua,’’ bunyi penggalan narasi berita KCNA yang menampilkan foto Jong-un dan Chu-ae.

    BACA JUGA : Korea Utara Darurat Covid-19, Kim Jong Un Turun Langsung Pantau Distribusi Obat

    Jong-un selama ini dikenal tertutup soal keluarganya. Sang istri, Ri Sol-ju, yang dinikahinya pada 2009 juga sempat disembunyikan sebelum akhirnya muncul di hadapan publik.

    Mata-mata Korsel meyakini bahwa Sol-ju melahirkan anak pertamanya pada 2010. Dia melahirkan lagi pada 2013 dan 2017. Kim Jong-un diyakini memiliki 2 putri dan 1 putra. Chu-ae adalah anak pertama.

    Sejatinya September lalu, beberapa pakar Korut meyakini bahwa Chu-ae ada dalam video perayaan Hari Nasional Korut. Namun Pyongyang tidak pernah memberikan konfirmasi.

    Chu-ae pertama kali disebut pada 2013 lalu setelah mantan pebasket AS Dennis Rodman melakukan perjalanan ke Korut.

    Kala itu dia menghabiskan waktu bersama keluarga Jong-un, bersantai di pantai dan menggendong bayi Chu-ae.

    ’’Pemimpin Korut itu (Jong-un Red) adalah ayah yang baik,’’ ujar Rodman kala itu seperti dikutip Agence France-Presse.

    Cheong Seong-chang dari Pusat Studi Korut di Institut Sejong di Korsel mengungkapkan bahwa sosok Chu-ae setara dengan putri Korut.

    Kini setelah identitasnya terungkap, Chu-ae kemungkinan akan dapat berpartisipasi dalam urusan negara. (sha/bay)

    Terbaru