More
    Rabu 7 Desember 2022

    Ikut Tertawa Dengar Miras Minuman Rasulullah, Sule Terancam 5 Tahun Penjara

    Must Read

    RBG.ID – Dugaan penistaan agama yang dilakukan seniman Sunda, Budi Setiawan Garda Pandawa alias Budi Dalton benar-benar dilaporkan ke igak berwajib. Tak hanya Budi Dalton, Ketua Aliansi Masyarakat Pecinta Rasulullah (Ampera), Syahrul Rizal juga melaporkan komedian Entis Sutisna (Sule) dan Sasongko Widjanarko (Mang Saswi) ke Polda Metro Jaya.

    Baca Juga: Hadiri Podcast, Sule Terseret Kasus Penistaan Agama

    Ketiganya dilaporkan atas kasus dugaan penistaan agama.

    “Bismillah, kita ke sini, saya pribadi atas nama Syahrul Rizal, datang ke sini dengan kuasa hukum untuk melaporkan kejadian yang menyinggung umat agama dan berpotensi menganggap keonaran,” kata Syahrul Rizal saat ditemui di Polda Metro Jaya, kemarin.

    “Ada beberapa nama, yaitu Budi Setiawan Garda Pandawa atau Budi Galton, kedua Sutisna alias Sule, ketiga Sasongko Widjanarko alias Mang Saswi,” ujarnya melanjutkan.

    Hal tersebut berawal dari konten YouTube ketiganya yang dianggap menyinggung Rasulullah.

    Saat itu, Budi Dalton menyebut Miras sebagai Minuman Rasulullah. Sedangkan Sule dan Mang Saswi merespons dengan tertawa dan dianggap membenarkan lelucon tersebut.

    “Budi Dalton ada kesengajaan yang menyatakan Miras adalah Minuman Rasulullah. Sepanjang masa hidupnya, Rasulullah memerangi minuman itu,” terang Syahrul Rizal.

    “Kan di situ dalam satu kejadian, di tempat yang sama. Ketika Budi Dalton menyatakan miras adalah minuman Rasulullah. Mereka secara reflek tertawa. Dengan begitu, mereka terlibat,” jelasnya.

    Atas laporan ini, ketiganya dikenakan Pasal penyebaran informasi yang menyebabkan rasa kebencian dengan ancaman hukuman pidana di atas lima tahun.

    “Pasal 28 Ayat jo Pasal 45 Ayat 2 atau Pasal 156 KUHP jo 156 A KUHP. Itu pasal yang dikenakan,” pungkasnya.

    Laporan tersebut teregister dengan nomor laporan polisi STTLP/B5984/XI/2022/SPKT/POLDA METRO JAYA. (dtk/els)

    Terbaru