More
    Rabu 7 Desember 2022

    Bantu Pengungsi yang Mulai Terserang Diare dan Gatal-Gatal

    Must Read

    RBG.ID-CIANJUR, Gerakan Anak Negeri (GAN) terus bergerak menyasar titik-titik lokasi para pengungsi korban bencana gempa bumi di Cianjur.

    Setelah membantu pengungsi di Desa Cikancana dan Desa Sukajaya, kini GAN bergerak memberikan penanganan medis di Desa Gasol, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Rabu (23/11/2022).

    GAN membuka posko kesehatan yang menyediakan tenaga medis dan obat-obatan untuk para pengungsi di tempat tersebut.  Kesempatan ini pun tidak disia-siakan para pengungsi. Tampak belasan pengungsi mengantre untuk mendapatkan penanganan.

    Baca Juga: Pengungsi Korban Gempa Cianjur Kelimpungan Diguyur Hujan

    Relawan Dokter GAN, dr Suparno menuturkan banyak dari pengungsi yang menderita gatal-gatal, mengalami luka-luka karena reruntuhan, dan diare.

    Dia menjelaskan, banyak pengungsi yang terserang gatal-gatal karena kurangnya kebersihan yang didapatkan para pengungsi. Selain itu gatal-gatal banyak terjadi pada pengungsi disinyalir karena adanya penyebaran di posko pengungsian.

    “Penanganan yang kami diberikan di antaranya perawatan dan pembersihan luka, penggantian perban, dan pemberian obat,” imbuh Suparno.

    Salah satu pengungsi, Kamalludin (25) bersyukur atas bantuan pelayanan kesehatan yang diberikan. Menurutnya dengan adanya bantuan tersebut keluhan diarenya bisa mendapat penanganan.

    “Saya mengalami diare dan pusing sejak kemarin. Mau ke rumah sakit susah karena akses terputus dan tidak ada kendaraan. Alhamdulillah ada bantuan dari GAN jadi tidak perlu jauh-jauh ke RS,” ucapnya.

    Kamalludin mengungkapkan selama ini para pengungsi hanya mengandalkan kompres saja untung menangani keluhan yang dialami. (cr1)

    Terbaru